Selasa, 24 Juli 2012

Desain Rumah Hemat Energi

Untuk mewujudkan rumah hemat energi sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, yang merupakan salah satu yang penting harus tahu bagaimana dan ingin menerapkannya. Salah satu cara termudah untuk dilakukan namun sering dilupakan adalah penghematan penggunaan listrik rumah tangga. Secara umum, rumah memiliki banyak peralatan listrik, tetapi tidak semua peralatan listrik harus digunakan, apalagi digunakan secara bersamaan. Gunakan dengan bijak menggunakan peralatan listrik, sehingga konsumsi energi listrik di rumah tidak terlalu boros.

Desain Rumah Hemat Energi

desain rumah hemat energi

Penempatan yang tepat dari titik cahaya ketika merencanakan pembangunan rumah dapat mengurangi biaya pemakaian listrik. Kebutuhan untuk penerangan ruangan harus sesuai dengan fungsi ruang. Kebutuhan cahaya untuk menerangi kamar tidur pasti berbeda dengan ruang tamu.

Pada saat merencanakan pembangunan rumah perlu mempertimbangkan intensitas cahaya alami ke dalam ruangan, sehingga pada siang hari ruangan hanya menggunakan cahaya alami saja, tanpa harus menyalakan lampu. Jika harus menyalakan lampu ketika anda sedang tidur, bisa menggunakan lampu kecil yang ditempatkan di samping tempat tidur, karena cahaya kecil energi lebih efisien.

Setiap ventilasi ruangan harus disediakan, sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Penerapan konsep ventilasi alami yang baik di rumah-rumah membantu mengurangi konsumsi energi listrik. Jadi, toilet tidak memerlukan exhaust fan, dan dapur tidak memerlukan asap vakum (cooker hood).

Selain ventilasi alami, setiap rumah idealnya minimal satu pohon ditanam sehingga dapat mengurangi polusi dan terasa lebih dingin dan tidak memerlukan AC. Jika sebuah rumah terpaksa menggunakan AC, daya yang dibutuhkan untuk disesuaikan dengan luas ruang.

Mesin pompa air adalah salah satu alat umum yang sering kita temui di rumah, sebagian besar pompa air dengan menggunakan daya listrik yang cukup besar. Harus disediakan sebuah tangki air yang ukurannya cukup besar untuk melayani konsumsi air yang tinggi. Mesin pompa air hanya dinyalakan saat tangki air benar-benar kosong.

Populer 7 hari